dBS on celebes

6 Oct 2012

9944f2d524b33ba73408e83e54c6231f_302220_10151152382949694_659139259_n

Kali ini dblogger n dsc mencoba untuk traveling ke Sulawesi Selatan, bukan dalam misi kegiatan blogger tapi ini adalah misi untuk menyatukan para traveler dari detik forum yang memang ingin berwisata ke pulau Celebes.(28-30 September 2012)

Peserta yg ikut dalam kegiatan ini adalah Bukan raja (nasrulloh), Dila dan Cow (Candra ponco) dari Surabaya, Mpis (Zakiah Zaki) dari DF Jakarta, Micky dari DF Banjarmasin, Detha dari DF Bali dan Dian dari DF Malang.

Tujuan awal adalah Kabupaten Toraja sebagai kota Kebudayaan dan Tanjung Bira sebagai Icon Sulawesi Selatan. Berangkat dari hari Sabtu Dini hari dan sempat mampir di Gunung Nona Enrekang sebagai tempat untuk menikmati kopi pertama di tanah Sulawesi.
9b8e12da15b0888b48bbdb3aae4e5de6_47891_10151152441564694_1511904169_n
Kami Tiba di Kabupaten Toraja pada pukul 9 pagi dan langsung mencari Coto Makassar sebagai sarapan paginya. Alasan mengapa sarapan Coto Makassar karena perjalanan singkat kami yang dari Bandara Hasanuddin dan langsung melakukan perjalanan menuju Toraja.

Setelah Sarapan Coto kami lanjut ke tempat wisata pertama yaitu Kete’ Kesu’ yg merupakan makam keluarga dengan kekhasanya deretan Tongkonan sebagai ciri khas Kabupaten Toraja.Dari Kete’ Kesu kami langsung menuju ke Londa sebagai pilihan. Walaupun sempat diHalangi dengan HUjan Gerimis tapi dengan rasa penasaranya kami mencoba memasuki Goa Di Londa dan menyaksikan sendiri jenasah yg sudah puluhan tahun berada di dalam Gua.

81963402cc2ab28a2d02b4897a3c517a_374387_10151154554504694_84265865_n
Tempat yg terakhir kami kunjungi di Toraja adala Lemo, dimana perbedaan dari 2 tempat sebelumnya adalah tempat pemakaman Tebing ini ternyata hasil pahatan manusia yg membutuhkan  ritual tersendiri untuk bisa memasukkan jenazah di tempat tersebut.Sayangnya kami tidak menyaksikan upacara pengantaran jenasah ato yg disebut Rambusolo karena kami tidak memiliki jadwal pelaksanaanya

Karena keterbatasan waktu kamipun hanya mengunjungi 3 tempat tersebut dan melanjutkan perjalanan menuju ke Tanjung Bira. Dengan perjalanan yg panjang kamipun hanya beristirahat di Mobil selama perjalanan.

Dari Tana Toraja menuju ke tanjung kami menggunakan jalur Sopeng-Bone-Sinjai yg kata pengantar kami jalur lebih cepat dan aman saat perjalanan di malam hari. Karena rasa lelah dengan perjalanan Jauh kami sempat berhenti hingga subuh di Bone.

Dari Bone hingga Tanjung Bira kami tiba hari Minggu (30/9/12) jam 9 pagi langsung bernasis ria di Pantai Bira hingga pukul 11 siang. Dari Tanjung Bira kami langsung ngebut ke Makassar, tapi kami menyempatkan mencari makan siang Sop Sodara dengan ikan Bolu khas pangkep di daerah perbatasan Bulukumba dan Bantaeng.

Tiba di Makassar setelah mengantar beberapa teman di Bandara kami melanjutkan mengejar sunset di Anjungan Pantai Losari. Setelah Puas kamipun berburu Kuliner lagi dengan menu Pallu Basa yg terletak di Jalan Serigala kota Makassar.

Hari Senin (1/10/12) kami meluncur ke Bantimurung yg terletak di Kabupaten Maros, sayangnya peserta yg ada tinggal 3 orang sehingga terkesan kurang meriah dari hari sebelumnya. Tapi setidaknya jadwal hari ini lebih santai dibanding sebelumnya.

Setelah dari Bantimurung kamipun berburu kuliner lagi dan menu terakhir ini kami memilih Sop Konro atau iga sapi. di