Catatan Kecil dari Makassar dan #BN2012

16 Nov 2012

blogdetikAlhamdulillah….sangat bersyukur tiada kira ketika ada salah satu dari anggota Dblogger Suroboyo yang bisa menginjakkan kaki di Makassar dengan berbekal tiket gratisan. Walaupun sebelum-sebelumnya banyak dari anggota kami yang pesimis mengikuti acara dari Blogger Nusantara 2012. Dan kamipun menyerahkan perwakilan komunitas kepada anggota kami yang sekarang tinggal di Makassar, Candra Ponco, walaupun kita semua tahu dia tidak bisa mengahdiri seluruh rangkaian acara dikarenakan kesibukan yang tidak bisa ia tinggalkan. Yah…sebulan sebelum acara dimulai tidak ada satupun dari kami yang sanggup mengikuti event tersebut, banyak benturan yang terjadi mulai dari kesibukan, biaya, dan lain-lain.

Dan ketika blogdetik mengumumkan siapa yang berhak mendapatkan tiket gratis PP, dan taraaaaa…..ada salah satu anggota kami yang nyangkut dalam deretan nama pemenang yaitu Intan Sukma. Mulai sibuk dengan persiapan-persiapan, dari menyiapkan kamera inventaris, pinjem gadget untuk update twitter, transportasi ke Bandara, calling2 dengan yang ada di Makassar, memikirkan ide-ide postingan, hingga mendengarkan wejangan-wejangan dari sesepuh Dblogger Suroboyo, semua rasa deg-deg an pun tidak berhenti sampai akhirnya sampailah di Makassar.

Petualangan di Makassar itupun dimulai dari setelah menginjakkan kaki di Bandara Hasanudin. Setelah telfon-telfon dengan panitia dan juga mas Candra, sampailah di tempat penginapan di BPPS Makasar yang tak jauh dari Universitas Hasanudin. Setelah mengecek timeline di twitter baru tau kalau tiket pesawat gratisan dari kota lain belum sampai.

Berikut yang saya petik dari rangkuman selama saya di Makassar

1. Orang Makassar walaupun mempunyai nada bicara yang tinggi tetapi orangnya sangatlah baik. Ini terbukti ketika kami berbincang dengan orang-orang Makassar, walaupun nada bicara mereka tinggi tetapi mereka sangatlah baik.

2. Surga makanan, tidak dipungkiri makanan khas dari kota Makassar sangatlah banyak variasi. Walaupun bahan utamanya adalah daging, tapi mereka bisa membuat lebih dari 10 macam variasi daging. Walaupun bentuknya dan porsinya sama tetapi nama dan komponen didalamnya berbeda.

sop-sodara-makassar

3. Mempunyai 1 angkot yang bernama pete-pete dengan 1 warna yaitu biru.

4. Tidak gampang percaya dengan orang yang baru dikenalnya.

5. Masyarakat umumnya banyak yang sudah sadar, bahwa membuang sampah sembarangan tidak baik untuk jangka panjang, maka jarang orang makasar yang membuang sampah sembarangan.

6. Selama di Makassar 3 hari, tidak menemukan satu pun polisi yang bertugas, dan itu membuat lalu lintas di makassar jadi semrawut.

Dan inilah rangkuman kecil event Blogger Nusantara 2012 sendiri:

bn2012

1. Banyak tarian daerah yang diusung di event ini, walaupun moderenisasi sudah mulai menjamur dimana-mana tetapi tetap mengangkat potensi lokal yang ada di Makassar.

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/-uR2ChA6XN4" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

2. Banyak komunitas lokal yang menyemarakkan event ini dengan dibukanya booth-booth disepanjang belakang kursi peserta, dan menampilkan kekayaan alam, kecerdasan lokal, dan sesuatu yang khas dari Makassar.

3. Kunjungan wisata dan permainan lokal yang ditawarkan panitia, membuat peserta luar daerah merasa terhibur.

gobak sodor dalam bahasa Makassar yaitu asing-asing

gobak sodor dalam bahasa Makassar yaitu asing-asing

4. Kesigapan seluruh panitia dalam melayani seluruh peserta luar daerah, patut diacungi jempol.

5. Fasilitas dan transportasi selama event Blogger Nusantara sudah cukup memadai.

tempat menginap bn2012

tempat menginap bn2012

6. Pembicara yang sudah menularkan ilmunya kepada kami sehingga kami bisa termotivasi untuk lebih berkembang dan menjadi lebih maju.

Semoga di event Blogger Nusantara 2013, DbloggerSuroboyo bisa mengikutinya lagi. Terimakasih kepada semua pihak, akhirnya perwakilan DbloggerSuroboyo dapat hadir dan menuliskan sepatah dua patah kata untuk Blogger Nusantara ini. Untuk lebih mengetahui bagaimana detail dari rundown pada saat acara #BN2012 silahkan follow @dbloggersby


TAGS bn2012 blogger nusantara DSC dan Dblogger Suroboyo


-

Author

Follow Me