dBlogger Suroboyo berada di tengah-tengah Komunitas ASEAN Blogger

15 May 2013

Setelah sebelumnya memposting mengenai Roadshow Pre Event Asean Blogger, kali ini adalah postingan mengenai puncak Acara Asean Blogger Festival Indonesia (ABFI) 2013 yang kemarin diselenggarakan di kota Solo, Jawa Tengah.

Seperti judul acaranya, Festival Asean Blogger 2013 ini diikuti oleh perwakilan blogger-blogger se-negara ASEAN di wilayah Asia Tenggara. Dari Malaysia, Brunei Darussalam, Thailad, Singapura, Filipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos dan dari Indonesia sendiri. Dari Dblogger Surabaya hadir 4 orang, yakni: @cak_wigi, @cow431, @yuninukti dan @andaniariel

Asean Blogger Festival Indonesia (ABFI) 2013 diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 12 Mei 2013 di Kota Solo, Jawa Tengah, tepatnya di Hotel Kusuma Sahid Prince dan Hotel Sahid Jaya. Selama 4 hari beberapa rangkaian acara dilewati peserta dengan sangat antusias. Bak saudara yang lama tak jumpa kami bertemu dengan banyak sekali blogger dari berbagai wilayah di Indonesia dan negara-negara tetangga. Keantusiasan itu sangat mencolok dimana kami tak bisa melepaskan obrolan bersama-sama teman blogger yang lain. Senyum dan sapa riang terekam dalam bingkai kamera yang tersebar dimana-mana dihadapan kami.

Foto Bareng

Rentetan acara yang dimulai hari pertama yakni Gala Dinner di kediaman Walikota Solo, Bpk. F.X Hadi Rudyatmo sangat memukau. Menggunakan kostum batik, para blogger sudah memenuhi Loji Gandrung (sebutan untuk bangunan kediaman Bapak Walikota Solo yang terletak di Jl. Slamet Riyadi Solo) sejak pukul 18.30. Disana para blogger disambut hangat oleh Bapak Walikota disertai dengan Tarian Mangkunegaran.

Hari Kedua adalah pembukaan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 dengan mengambil tema Re-inventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia. Dengan tema ini diharapkan para blogger bisa menuliskan dengan baik tentang warisan budaya yang ada di Indonesia maupun di Asia Tenggara sehingga nantinya warisan itu dikenal di seluruh dunia.

Juga pertemuan sesama blogger antar negara ASEAN dapat menumbuhkan semangat persaudaraan dan ikatan kuat persatuan yang sudah terjalin selama ini.

Kesan yang kami terima selama 4 hari di Solo adalah keseragaman semangat untuk mengenal lebih dekat kota Solo beserta kesenian dan kebudayaannya. Dukungan dari Pemerintah setempat yang begitu menerima kami dengan sangat baik juga turut membuat kami harus angkat topi. Berbagai acara diselenggarakan demi menyambut kehadiran kami. Mulai dari seni tari di Mangkunegaran, Night market Ngarsopuro, berkeliling kota Solo dengan Bis Tingkat Wisata yang bernama Werkudara, Berbagi pengalaman naik sepur kluthuk Jaladara yang melewati jalanan protokol di kota Solo, hingga jalan-jalan pagi di kampung batik Kauman dan Pasar Klewer yang berakhir di menghadiri undangan dari Kraton Surakarta Hadiningrat.

Cangkrukan

Oya, disela padatnya kegiatan, Dblogger Suroboyo sempat bertemu dengan Cak Irwan (salah satu anggota DetikForum regional Surabaya) yang sekarang tinggal di Solo. Sempat bangga juga bagaimana Cak Irwan masih kental logat Suroboyoannya meskipun sudah beberapa lama tinggal di Solo. Bersama Cak Irwan kami diajak keliling kota dan menikmati hidangan menu angkringan. Suwon traktirane Cak Irwan ;)

Akhirnya, Hari minggu, 12 Mei 2013 kami harus pamit untuk kembali ke kota Surabaya lagi dengan membawa sejuta kenangan, sejuta impian dan sejuta harapan agar dikemudian hari Blogger semakin eksis dan semakin semangat menulis sebagai bagian dari pewarta pribadi yang membagikan berita supaya berguna bagi masyarakat dan bangsa.

ditulis oleh @yuninukti


TAGS Asean Blogger Solo


-

Author

Follow Me