Berbagi Tips Ngeblog ala dblogger Suroboyo On Air

5 Jun 2013

Mana nih suaranya Dblogger Suroboyo??!!
Suara merdu nan rancak milik @ricardodamanik terdengar begitu cetar membahana kala membuka obrolan bersama arek-arek Dblogger Suroboyo.

Yup. Hari Selasa, 4 Juni 2013 kemarin, Dblogger Suroboyo berkesempatan on air di radio HardRock FM Surabaya. Acara bincang seru yang digawangi oleh penyiar ganteng, tinggi dan (menurut pandangan kami) bermuka sepertiga bule itu :D berlangsung santai dan semarak. Ihirrrrr *lirik2 cak@ricardodamanik
Heran aja gitu lho, melihat sang penyiar duduk santai sambil ngomong di depansegala macam alat perbengkelannyadengan sesekali menggoyang-goyangan kakinya, tapi cap cus nya lancar banget. Gak ada kata grogi. Yang ada justru kesalahan omongan itu berakibat bikin suasana tambah gayeng.
Acara on air kemarin dimulai pukul 6 sore. Disana sudah ada Cak Nasrulloh, Cak Wigi, Ning Dila, sama Ning Mbun. Dan satu lagi Ning Yuni yang datang terlambat.
Dari keseluruhan obrolan itu, selain kami membahas tentang dunia blogging, rupanya juga menjadi ajang curhat sang penyiar! Hehe..
Persis seperti kemasan acaranya yaitu seputar blogger dan blogging, rupanya @ricodamanik itu juga seorang blogger. Dan gak tanggung-tanggung, doi ngeblog sejak tahun 2009 bo..

Lalu kenapa dia curhat?

Nah ini nih.. kita mulai masuk ke inti obrolan. Karena eh karena blognya Cuma terisi 2 postingan aja! Makanya kemarin itu dibahas juga bagaimana supaya blogger itu konsisten dalam mengisi blognya. Oke.. sebetulnya ngeblog itu gak harus dipaksa ya. Begitu juga dalam kebiasaan menulis. Semua orang bisa menulis. Manulis apapun! Baik maupun buruk tulisan itu, yang penting bisa nulis. Jangan merasa berkecil hati karena kualitas tulisan kita jelek, sejelek-jeleknya tulisan kita sudah pasti memiliki karakter. Dan karakter itulah yang menjadikan blog kita bagus dan disukai pembaca. Ning Dilapun menambahkan bahwa untuk bisa konsisten adalah dengan fokus ke satu blog saja, dalam arti jangan terlalu banyak blog dan platform kalau untuk type orang yg suka moody, tapi fokus dan konsisten di satu blog itu akan lebih mudah.

Nah supaya seorang blogger itu bisa terus semangat update blognya, adalah dengan menjalin hubungan pertemanan kepada blogger lain. Caranya dengan sukarela berkunjung ke blog-blog yang lainnya serta meninggalkan jejak dengan berkomentar disana. Semacam kita menghargai tulisan teman. Nanti sebagai timbal baliknya, bila nama kita dikenal para blogger, tanpa diminta pun mereka akan turut meninggalkan komentar di blog kita. Jadilah tulisan kita ada yang baca.

Pembahasan lainnya adalah dari mana ide buat nulis itu didapat?
Ide nulis sebetulnya ada dimana saja. bisa dari lingkungan sekitar, tentang makanan, berbagi mengenai tempat-tempat yang pernah dikunjungi, cerita masa lalu dan lain sebagainya. Kalau kita ingat tugas mengarang dari bu guru di sekolah itu bisa menjadi pedoman. Tapi bedanya, kalau tugas bu guru wajib dikumpulkan, sedangkan blog kita bisa bebas mengumpulkan kapan saja. Bisa setiap hari, bisa seminggu 3 kali, atau paling lama seminggu sekali. Kalau mau sebulan sekali juga boleh-boleh saja tapi jangan kaget ya kalau pengunjungnya sedikit :D
Wes, rek?
Ada yang mau ditanyakan lagi?
Kalau sudah nggak ada ayo segera buka komputermu dan mulailah menulis. Setelah itu buka browsermu dan mulailah update blog.
Belum punya blog? Bikin aja, gratis kok di blogdetik.com biar bisa narsis dan bikin hidup lebih berwarna..
Oh ada yang mau bertanya?
Tenang aja kami arek Suroboyo kok, kalau mau tanya-tanya follow aja twitter kami @dbloggersby atau tinggalin komen di blog dbloggersuroboyo.blogdetik.com.
Oke rek?!!!! :D

di tulis oleh @yuninukti


TAGS blogger blogging tips


-

Author

Follow Me