Selamat Hari Jadi Kota Surabaya ke 721

31 May 2014

Surabaya.. Surabaya..

Oh Surabaya..

Yayy.. Selamat Hari Jadi Kota Surabaya ke 721!!

Semoga Kota Surabaya semakin maju dan terus berprestasi..

Hari ini, 31 Mei adalah Hari Jadi Kota Surabaya ke 721. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan Mei, Pemerintah Kota Surabaya mengagendakan banyak acara sebagai perayaan Kota yang sekarang menjadi kebanggan arek Suroboyo.

Ada beberapa acara menarik yang digelar pada bulan mei untuk memperingati hari jadi kota Surabaya yang ke 721 dan sebagai warga Surabaya maka sudah seharusnya untuk ikut hadir di tengah gempita acaara tersebut

1. Festival Rujak Cingur

Festival Rujak Cingur kabarnya diikuti oleh 1,500 peserta dari berbagai instansi maupun elemen masyarakat. Diadakan di salah satu kawasan kota tua nun bersejarah, daerah sepanjang Kembang Jepun seolah kembali ke masa kejayaannya.

Rujak Cingur merupakan masterpiece dari makanan tradisional khas Surabaya sejak jaman dulu, dengan kombinasi lombok, petis, trasi, kacang diuleg rata menjadi satu kemudian ditambah irisan pisang klutuk jadilah bumbu rujak cingur yang mak nyus. Lantas cingur, tahu, tempe, lontong, timun dan sayuran terutama kangkung dimasukkan ke dalamnya. Juga ditambah sedikit mie, apalagi ada krupuk putih menjadi kenikmatan tersendiri.

0345fb903c1b98f8caa6b43aa6fc9512_20140518-yuni2420

Tidak salah lagi bila Rujak Cingur ikut mengharumkan kuliner Surabaya ke seantero raya. Dan pada tanggal 18 Mei 2014 diadakan sebuah Festival Rujak Cingur. Sebuah festival yang mengangkat konten lokal berupa kuliner dipadukan dengan kemeriahan yang membuat masyarakat terhibur. Diantaranya para peserta festival didaulat menggunakan kostum unik hingga bergaya yang tak urung membuat senyum masyarakat yang hadir.
2. Sparkling Tunjungan

3a605c3063d9a505f8dcc11daa59c860_sparklingSepertinya Kota Surabaya memang pantas menyandang predikat kota Pahlawan. Salah satu buktinya dengan memperkenalkan tempat-tempat bersejarah kepada dunia dan menggelar acara di tempat tersebut. Seperti event Sparkling Tunjungan.

Sparkling Tunjungan bulan Mei ini diadakan lagi pada tanggal 25 Mei lalu. Pada tanggal itu warga Surabaya bebas berjalan di sepanjang jalan Tunjungan selama sehari penuh sekaligus boleh menikmati bangunan-bangunan cagar budaya disepanjang jalan Tunjungan. Di sana pengunjung dimanjakan dengan beragam acara. Ada Festival kuliner Surabaya, atraksi-atraksi unik yang ditunjukkan warga Surabaya dari komunitas juga penampilan grup musik legendaris, Koes Plus yang malam itu hadir sebagai penutup acara.

3. Pesta Rakyat

Nah ini dia yang ditunggu oleh warga Surabaya. Namanya Pesta Rakyat. Pesta Rakyat ini merupakan acara puncak perayaan Hari Jadi Kota Surabaya. Bertempat di halaman gedung Balai Kota Surabaya, pesta rakyat ini digelar.

Acara pertama dimulai dengan Upacara Bendera yang diikuti seluruh jajaran Pemerintah Kota Surabaya. Usai acara, digelar juga pertunjukan Tari Remo yang diikuti sebanyak 721 penari.

Rupanya Pemerintah Kota memang benar-benar ingin memanjakan warganya, usai pertunjukan tari mereka dibebaskan menikmati makanan khas Jawa Timur secara gratis! Sebanyak 1.500 piring telah disiapkan dengan pilihan menu, antara lain: Pecel, Semanggi, Rawon, Lontong Balap, Tahu Campur, Soto Daging, Soto Ayam, Sate, Nasi Campur, Nasi Kuning, Gule, Kare Kambing, dan masih banyak lagi. Hebatnya, meski makanan ini disediakan secara gratis namun yang membuat bangga adalah masyarakat yang hadir tetap santun untuk menikmati hidangan yang tersedia.

Hari ini usia kota Surabaya bertambah, semoga dengan usianya kini membuatnya tetap menjadi kota kebanggan yang dicintai banyak orang, baik dimata arek Suroboyo maupun dimata dunia. Jayalah terus kota Surabaya.. selamat ulang tahun kotaku yang 721


TAGS Surabaya info Surabaya 721


-

Author

Follow Me