Blogger Masih Ada!

27 Oct 2014

Tulisan ini dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional, sebuah bentuk apresiasi blogger yang juga memiliki tanggung jawab mencerdaskan bangsa melalui tulisan maupun media lainnya. 27 Oktober 2014, Hari ketika mereka yang didapuk dengan sebutan Blogger Indonesia layak berbangga. Berbagai ucapan selamat nampak silih berganti di media sosial sebagai bentuk apresiasi bahwa blogger masih ada di tengah gempuran platform media sosial baru. Kegembiraan yang layak disambut dengan memperkuat tali silaturahmi antar blogger sebagai bentuk lain jurnalisme warga.

Dblogger Suroboyo sebagai komunitas yang selalu mengedepankan kebersamaan berusaha untuk menampilkan konten dan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca, karena pada hakikatnya blog lebih bersifat terbuka, jujur dan apa adanya kepada khalayak. Disini Blogger juga dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan tulisannya, memperhatikan etika maupun kaidah penulisan yang bersifat independen. Karena pada suatu waktu reputasi ataupun kredibilitas penulis akan mengikuti dari tulisan yang ditampilkan di blognya.

Ibarat peringatan yang akan hadir dan berulang, menjadi hari maupun tanggal yang harus dilewati pada setiap tahun. Penanda waktu yang harus dirayakan, entah dengan melihat hari senin penuh rutinitas atau menjadikannya sebagai simbol legitimasi tentang keberadaan blogger. sebuah Perayaan dengan membebaskan bagi yang merayakan ataupun tidak, dengan menulis blog seperti yang anda baca saat ini adalah pilihan untuk menjadi bagian dari perayaan hari blogger nasional. Yah Blogger masih ada.

Seiring berjalannya waktu menulis blog telah menjadi gaya hidup netizen di Indonesia. Tidak jarang dalam membuat akun sosial media selalu ditemukan kolom alamat blog, jadi bisa dikatakan blog masih menjadi pilihan yang kurang dapat diakomodasi oleh beberapa platform sosial media yang ada. Sebuah peluang yang ditangkap oleh para blogger tentang “sinergi” menjadi kata kunci untuk memberikan keuntungan yang nyata bagi blogger, bersinerginya akun sosial pribadi dengan blog yang dimiliki. Sinergi yang memberikan keuntungan baik secara materi maupun tanggung jawab yang diemban dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bukan menjadi rahasia umum lagi bila blog bisa mengais keuuntungan untuk sekedar mengganti biaya koneksi internet hingga untuk menyambung hidup sehari hari. Banyak brand yang menjagokan blogger sebagai media pengiklan yang handal. Hal ini tak luput dari peran blogger yang selalu menyampaikan informasi dengan bahasa jujur dan apa adanya. Begitu pula dengan blogger yang mulai berorientasi ke bisnis ada kalanya melakukan segala hal demi mendapatkan perhatian pengguna internet, terutama pemegang merk. Demi apa, tentu saja demi mendapatkan penghasilan. Apakah Sebegitu gampangnya blogger mendapatkan penghasilan?

Tentu saja tidak. Ada banyak fase yag dilalui untuk menarik minat netizen. Dan yang pasti Konten adalah Raja. Blogger tak perlu membuat konten yang isinya menjebak pembaca hanya demi mendapatkan banyak visitor. Yang pasti untuk menjadi blogger yang baik kuncinya hanya satu, yaitu menulis dengan baik dan rajin mempublish artikel.

Di momen yang tepat ini kami ingin mengajak seluruh blogger untuk kembali meluruskan niat ngeblog yaitu menulis artikel yang baik dan bermanfaat. Harapan ini untuk menjaga agar kualitas blogger Indonesia tidak kalah dengan blogger luar negeri. Apalagi sebentar lagi kita mulai menyongong Masyarakat Ekonomi ASEAN dimana persaingan kita akan semakin ketat. Bukan hanya aspek ekonomi saja, tetapi juga aspek disegala bidang. Jika blogger Indonesia bersatu dan selalu membuat konten menarik kami yakin nama Indonesia akan baik dimata dunia.

Mari kita bersama-sama menggiatkan kembali kebiasaan menulis. Jadikanlah menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan. Karena menulis adalah salah satu cara membantu mencerdaskan bangsa.

Selamat Hari Blogger Nasional, kawan!


TAGS Hari Blogger Nasional 2014


-

Author

Follow Me